Panduan untuk memilih kamera digital murah untuk pemula

Media sosial seperti Instagram (IG) dan Facebook (FB) membuat kamera digital lebih menarik. Selain kemudahan transfer foto, kamera digital juga membuat foto yang baik tidak terbatas pada fotografer profesional. Seiring dengan meningkatnya permintaan, kamera digital sekarang biaya lebih banyak pilihan dan jenis. Harganya bervariasi, yang biaya ratusan ribu hingga puluhan juta.

Sekarang, jika Anda seorang pemula dengan anggaran terbatas, yang membantu Anda memilih kamera digital yang sesuai. Tidak hanya seperlunya, menyesuaikan keinginan untuk membeli kamera digital sesuai dengan anggaran dan fasilitas yang dimiliki atau fitur.

Panduan untuk memilih kamera digital murah untuk pemula
Panduan untuk memilih kamera digital murah untuk pemula

Panduan untuk memilih kamera digital murah untuk pemula

Berikut adalah panduan untuk memilih kamera digital yang sesuai untuk pemula:

1. Atur keinginan untuk membeli kamera digital dengan anggaran atau harga kamera digital

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah jumlah anggaran Anda harus membeli kamera. Ada banyak kamera yang bisa menjadi pilihan dan rentang harga juga bervariasi. Setelah menentukan jumlah anggaran yang disiapkan, kemudian mencari kamera dengan spesifikasi dan fitur yang paling cocok dengan kebutuhan Anda dalam penembakan.

Harga kamera digital adalah hal yang paling penting untuk dipertimbangkan saat memilih kamera digital, serta kamera dan lensa, juga, pasti akan membeli peralatan lainnya seperti tas kamera, alat pembersih titik kamera, tripod dan lain-lain. Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki anggaran juga termasuk dana untuk membeli aksesoris yang diperlukan. Anda bisa membandingkan harga kamera digital di sini.

2. Mengatur kamera digital menembak kebutuhan

Apa yang ingin Anda lakukan dengan kamera baru ini nanti? Pertanyaan ini akan membantu Anda menemukan kamera dengan harga terjangkau yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ingin membawa kamera nyaman dipakai saat bepergian? Atau apakah Anda menginginkan sebuah kamera yang tahan air? Atau Anda menginginkan sebuah kamera yang memiliki kualitas video yang baik untuk merekam momen dengan teman-teman atau keluarga?

Sebelum memilih jenis kamera digital, lebih memahami bagaimana kriteria umum untuk menentukan kualitas kamera. Kualitas kamera dapat dilihat dari kualitas gambar yang dihasilkan. Kualitas gambar ditentukan oleh sensor gambar (image sensor) dan menghasilkan prosesor gambar.

Juga, memperhitungkan kinerja mereka. Kinerja kamera dapat dilihat dari kecepatan operasi, tembakan berturut-turut kecepatan, dan kecepatan dalam melaksanakan fungsi kamera otomatis. Dan kemudian juga mempertimbangkan bagaimana aksesoris lengkap seperti lensa dan flash pada kamera, dan nyaman saat kamera dipegang dan digunakan. Hal ini sangat penting sebelum menentukan jenis kamera yang Anda butuhkan.

3. Pilih jenis kamera digital, serta kualitas gambar yang kecil, kompak atau besar, tapi baik

Setelah Anda tahu apa kebutuhan Anda, saatnya untuk mengetahui jenis kamera digital yang tersedia.

1. Compact / kamera saku: kamera saku memiliki lensa yang tidak dapat Diganta berubah, tapi bentuknya penggunaan kompak dan praktis. Kamera ini sempurna untuk bepergian atau hanya mengambil gambar yang diambil untuk kebutuhan sehari-hari mereka. Sebuah kamera digital saku ini juga dilengkapi dengan kemampuan video dan memiliki resolusi HD atau Full HD. Resolusi ini cukup untuk kebutuhan saat-saat penting atau merekam perjalanan Anda setiap hari.

2. prosumer atau kamera superzoom: Kekuatan utama dari jenis kamera adalah lensa zoom yang bisa 20-50x atau lebih. Bentuknya seperti DSLR, tetapi biasanya lebih kecil dan lebih ringan. harga lebih terjangkau. Lensa juga tidak dapat diubah dan sensor gambar umumnya relatif kecil, tapi sedikit lebih besar dari kamera saku.

3. DSLR dan mirrorless: Kedua jenis kamera yang paling dicari setelah chamber tahun terakhir. Kedua kamera lensa dapat diubah. Jika Anda memiliki SLR tanpa cermin untuk pertama kalinya, badan kamera biasanya dikombinasikan dengan lensa kit. Tujuan ini biasanya lensa zoom dengan rentang fokal yang dapat mencakup cukup banyak skenario rekaman.

Lensa kit SLR kamera digital dilengkapi dengan APS-C, atau 1.6x 1.5x sensor crop factor, dan biasanya memiliki panjang fokus 18-55 mm atau 16-50 mm. Sementara kamera mirrorless dilengkapi dengan sensor Micro Four Thirds 2x crop factor dan lensa kit memiliki rentang focal 12-32 mm atau 14-42 mm.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *